LANTAMAL I LAKSANAKAN UPACARA RUTIN TUJUH BELASAN

Sumatera Utara – sinarrayanews.com

Wadan Lantamal I Kolonel Marinir Widodo Bertindak sebagai Inspektur Upacara rutin hari ini Senin yang di ikuti seluruh Asisten Danlantamal I, Kasatker dan Prajurit Bintara, Tamama, PNS Mako Lantamal dan seluruh Prajurit Yonmarhan I yang bertempat di Lapangan apel Mako Lantamal I, Senin (18/03/19)

Dalam amanat Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudho Margono, S.E yang dibacakan oleh Irup, Kolonel Marinir Widodo Mengatakan Upacara tujuh belasan ini memiliki arti penting bagi kita semua yaitu guna memantapkan kualitas pengabdian kita kepada bangsa dan negara serta sebagai media komunikasi saya kepada satuan-satuan di jajaran Koarmada I untuk menyampaikan kebijakan, petunjuk dan informasi aktual dari pemimpin TNI.

Di awal tahun telah di laksanakan agenda rutin tahun secara berturut-turut mulai rapim TNI-Polri dilanjutkan apel Komandan satuan TNI dan Rapim TNI Angkatan Laut serta di akhiri dengan Rasko Koarmada Tahun 2019 dengan agenda kegiatan evaluasi hasil kerja satuan di tahun 2018 dan rencana kerja 2019, serta pokok pokok kebijakan dan penekanan.

Untuk mewujudkan pemahaman atas pokok – pokok kebijakan pemimpin tersebut, Pangkoarmada I menekanan agar kebijakan – kebijakan tersebut dipahamai oleh kita semua dan segera ditindaklanjuti sampai ditingkat teknis serta secara paralel diikuti proses perencanaan di tahun 2020, karena diperlukan strategis dalam menyikapi sumber daya negara khususnya aspek finansial yang masih terbatas.

Perlu kita sadari bahwa tantangan tugas Koarmada I dalam menjaga stabilitas keamanan dan penegakan hukum di Laut Yuridiksi Nasional Indonesia diwilayah Koarmada I Semakin kompleks dan dinamis. karakter ancaman maritim selalu bersifat Transnasional dan cenderung terorganisasi seperti pembajakan, penangkapan ikan ilegal dan penyelundupan Narkoba serta lain sebagainya.

Untuk itu Pangkoarmada I memerintahkan agar meningkatkan efektifitas operasi dengan pola operasi yang lebih efektif dan efisien, kesiapan alutsista dan profesionalisme prajurit serta memanfaatkan data Intelijen yang disajikan dan terus bersinergi dengan Instansi terkait lainnya.

Di tahun 2019 ini akan dilaksanakan pilpres serentak disebagian besar wilayah Indonesia. Kita patut waspada terhadap hal hal yang berpotensi memicu konflik horisontal, terutama isu sara yang dijadikan komoditas dalam berpolitik. Panglima Koarmada I memerintahkan agar seluruh personel dan keluarga agar seluruh personel dan keluarga besar Koarmada I turut berperan aktif dalam menjaga Netralitas TNI.

Dalam amanat nya panglima Koarmada I menekankan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada satuan tuhan yang maha Esa, pegang teguh sapta marga, sumpah prajurit, delapan wajib TNI dan trisila TNI Angkatan Laut sebagai pedoman dalam bekerja dan bertugas dalam pengabdian kepada bangsa dan Negara, laksanakan perintah dan keputusan pemimpin TNI Angkatan Laut sebagai wujud dedikasi, loyalitas dan hirarki seorang prajurit Matra Laut, optimalkan kinerja perseorangan melalui peningkatan profesionalisme dan satuan kerja dengan skala prioritas perencanaan serta efisiensi anggaran yang ada diikuti tertib administrasi, tingkatkan purba jaga dan laksanakan check and recheck terhadap semua kegiatan dengan berpedoman pada standard operating procedure agar terwujud zero accident, jaga dan pelihara soliditas serta sinergitas TNI, Polri dan aparat pemerintah lain serta masyarakat dalam menjaga stabilitas keamanan Negara, jauhi dan hindari penyalahgunaan narkoba serta tindak pidana yang dapat merugikan nama baik sendiri, keluarga, kesatuan TNI Angkatan Laut serta TNI.(red)

Back to top button
Close
Close