PROPINSI KAPUAS RAYA BAKAL TERWUJUD

PONTIANAK : SR sinarrayanews.com

Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji menegaskan kembali bahwa dirinya sangat serius memperjuangkan pemekaran provinsi Kapuas Raya (gabungan kabupaten Sintang, Sanggau, Melawi, Sekadau, Landak, Kapuas Hulu, red)

“Makanya untuk menunjukkan keseriusan kita secepatnya dibuatkan detail disign bangunan kantor gubernur Kapuas Raya dan kantor DPRD nya”, ungkap Midji – panggilan akrabnya- dalam sambutan penyambutannya di pendopo Kamis (6/9/2018). “Kami akan upayakan terus pemekaran prrovinsi Kapuas Raya ini”, jelas Sutarmidji.

Sebagai bentuk keseriusannya untuk mendorong percepatan pemekaran Kapuas Raya, Sutarmidji pun menginginkan agar di tahun 2019 nanti Detail Enginering Design persiapan kantor pusat pemerintahan Kapuas Raya sudah dibuat.

“Tahun depan saya minta sudah disiapkan MS Detail Enginering Design persiapan kantor gubernur dan kantor DPRD Kapuas Raya,” ujarnya.

Menurutnya, pemekaran provinsi Kapuas Raya bisa terwujud jika ada komintmen dan keseriusan dari pemerintah Provinsi induk.

“Dengan membangun gedung perkantoran nya, maka itu suatu keseriusan. Saya bersama pak Ria Norsan nanti selalu siap dan menyetujui seluruh pembiayaan untuk Provinsi Kapuas Raya. Apapun yang dibutuhkan dari sisi pembiayaan akan kita penuhi,” tegasnya.

Mantan Walikota Pontianak dua periode ini menilai, pemekaran provinsi Kapuas Raya sangat realistis untuk dilakukan. Sebab kata dia, luas wilayah dan jumlah penduduknya sangat besar.

“Kaltara itu pemilihnya tak sampai 600 ribu. Kapuas Raya itu 1 juta lebih pemilihnya. Gorontalo itu tak sampai 500 ribu pemilih, jadi provinsi. NTT, Maluku Utara tidak sampai 400 ribu pemilih bisa jadi provinsi,”ucapnya.

“Kapuas Raya pemilihnya 1 juta lebih, penduduknya 1,5 juta. Ada provinsi, penduduknya tak sampai 1 juta. Jadi, (pemekaran Kapuas Raya) sangat realistis. Dan itu insy Allah akan bisa kita wujudkan,” imbuhnya. (mohsin/zainul irwansyah)

Back to top button
Close
Close