Kodim Brebes Gelar TMMD Sengkuyung Tahap I TA. 2018

JAWA TENGA — sinarrayanews.com

Kodim 0713/Brebes menggelar upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran 2018 di Lapangan sepak bola Garuda Desa Galuhtimur Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes. Rabu (04/4/2018).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati Brebes Narjo SH, Komandan Upacara Kapten Inf Ngadiono Danramil 08/Bumiayu Dim 0713/Brebes. Dengan tema ” TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa “.

Upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I TA. 2018 yang digelar Desa Galuh Timur Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes tersebut berlangsung lancer dan hikmat. Hadir juga Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahamd Hadi Hariono, Anggota DPRD Kab Brebes Partai Demokrat Ahmad Jayuli, SH, Kapolres Brebes diwakili Kabagren Kompol Sofyan Wisnu, SH. MH, Kakesbangpol Brebes Komar, SE, Danrem 071/WK diwakili Wadan Kesyah Mayor Ckm Tusiman, OPD dilingkungan Pemkab Brebes, dan undangan lainnya.

Upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I TA. 2018 Wakil Bupati secara simbolis menyerahkan peralatan kerja kepada perwakilan, penandatangan naskah dan dilanjutkan pemukulan kentongan didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Brebes tanda dibukanya TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2018 di wilayah Kodim 0713/ Brebes.

Amanat Plt Gubernur Jawa Tengah yang di bacakan Wakil Bupati menyampaikan jumlah penduduk manusia di jawa tengah perbulan september 2017 sebanyak 4,197 juta jiwa atau 12,23% sedangkan jumlah pengangguran terbuka jawa tengah perbulan agustus 2017 sebesar 4.5% untuk indek pembangunan manusia jawa tengah tahun 2016 berada pada angka 69,98.
Ini adalah PR kita yang harus dikeroyok dan diselesaikan bersama-sama.

Maka TMMD sebagai program lintas sektoral yang melibatkan TNI,kementrian,lembaga pemerintah, non kementrian dan pemerintah daerah, serta segenap lapisan masyarakat merupakan salah satu langkah nyata guna mengatasi berbagai permasalahan yang kita hadapi.

Pelaksanaan program TMMD tahap I ta 2018 yang berlangsung dari tanggal 4 April sd 3 Mei 2018 ini akan kita arahkan pada pembangunan Infrastruktur,sarana prasarana fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan sektor masyarakat di daerah membuka isolasi antara desa sehingga meninggkatkan roda perekonomian daerah, meninggkatkanya kesehatan lingkungan dan sanitasi di kawasan padat penduduk dan kumuh perkotaan serta gerakan masyarakat hidup sehat.

Sementara itu Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahamd Hadi Hariono sebelum meninjau lokasi TMMD dan posko KB Kes yang didampingi Forkopimda menegaskan, TMMD merupakan program TNI AD yang dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan- permasalahan yang ada di masyarakat, terutama di Desa Galuhtimur dan juga di Kabupaten Brebes.

Dandim mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan memelihara apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab bersama.
Kegiatan TMMD ini menghabiskan anggaran sebanyak Rp. 787.200.000,- untuk sasaran fisik dan non fisik. Pekerjaan fisik diantaranya pembuatan badan jalan sepanjang 1.250 meter lebar 4 meter, pekerjaan makadam panjang 700 meter lebar 3 meter, pembuatan talud penahan jalan sepanjang 20 meter tinggi 1-2 meter, pembangunan jembatan panjang 4 meter lebar 4 meter dan pekerjaan gorong-gorong diameter 1 meter lebar 4 meter.

“Untuk kegiatan nonfisik diantaranya beberapa penyuluhan untuk masyarakat di bidang hokum, kesehatan dan lainnya. Dilaksankan pula kegiatan pelayanan penduduk seperti pembuatan Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, Kartu tanda Penduduk elektronik yang melibatkan dinas terkait.”pungkas Dandim Brebes. (Teguh).

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close